Berita EKONOMI : IHSG MENUNGGU RELEASE BERITA DARI BPS
FIXED INCOME MARKET : Pasar Obligasi Ditutup Positif dan Semarak Di Akhir Pekan
 
 
Manajemen Resiko Trading Forex
Pengawasan Dana Pensiun Berbasis Risiko
PP 77 Tahun 1992 Tentang DPLK
Undang-2 No 11/1992 Tentang Dana Pensiun
Tentang dana Pensiun
Manfaat Dana Pensiun
 
Flag Counter
 

Dana pensiun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dana pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun.

Jenis dana pensiun

Berdasarkan UU No 11 tahun 1992, di Indonesia mengenal 3 jenis dana pensiun yaitu:

  1. Dana pensiun pemberi kerja, adalah dana pensiun yang dibentuk oleh orang atau badan yang mempekerjakan karyawan, selaku pendiri, untuk menyelenggarakan program pensiun manfaat pasti atau program pensiun iuran pasti, bagi kepentingan sebagian atau seluruh karyawannya sebagai peserta, dan menimbulkan kewajiban terhadap pemberi kerja.
  2. Dana pensiun lembaga keuangan, adalah dana pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan program pensiun iuran pasti, bagi perorangan, baik karyawan maupun pkerja mandiri yang terpisah dari dana pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atai perusahaan asuransi jiwa.
  3. Dana pensiun berdasarkan keuntungan, adalah dana pensiun pemberi kerja yang menyelenggarakan program pensiun iuran pasti, dengan iuran hanya dari pemberi kerja yang didasarkan pada rumus yang dikaitkan dengan keuntungan pemberi kerja.

Manfaat dana pensiun

  1. Manfaat pensiun normal, adalah manfaat pensiun bagi peserta yang mulai dibayarkan pada saat peserta pensiun setelah mencapai usia pensiun normal atau sesudahnya.
  2. Manfaat pensiun dipercepat, adalah manfaat pensiun bagi peserta yang dibayarkan bila peserta pensiun pada usia tertentu sebelum usia pensiun normal.
  3. Manfaat pensiun cacat, adalah manfaat pensiun bagi peserta yang dibayarkan bila peserta menjadi cacat.

Tujuan Setiap pihak memiliki tujuan masing-masing yang berbeda, yaitu pihak pemberi kerja, Lembaga Pengelola dan karyawan. Bagi pemberi kerja, dana pensiun bertujuan untuk, 1. Memberikan penghargaan kepada para karyawan yang telah lama mengabdi kepada perusahaanya. 2. Agar di masa pensiun tersebut, karyawannya mendapatkan jaminan. 3. Memberikan rasa aman pada karyawan. 4. Meningkatkan kinerja dan motivasi karyawan. 5. Meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.

Bagi karyawan, lembaga keuangan memberikan tujuan, 1. Kepastian memperoleh penghasilan masa yang akan datang sesudah masa pensiun. 2. Memberikan rasa aman dan meningkatkan motivasi untuk bekerja. Sedangkan bagi Lembaga Pengelola adalah, 1. Mengelola dana pensiun untuk mendapatkan keuntungan, karena iuran dana pensiun dapat dimasukkan dalam kegiatan investasi. 2. Turut membantu, menyelenggarakan program pemerintah. D. Jenis Pensiun 1. Pensiun Normal, pensiun yang diberikan untuk karyawan yang usianya telah mencapai masa pensiun yang ditetapkan perusahaan. 2. Pensiun dipercepat, pensiun yang diberikan karena kondisi tertentu, misalnya ada pengurangan pegawai di perusahaan tersebut. 3. Pensiun ditunda, merupakan pensiun karena karyawan memintanya, usia peminta pensiun belum mencapai usia pensiun. Pensiun yang diberikan, akan diberikan pada usia pensiun. 4. Pensiun cacat, pensiun yang diberikan karena sebuah kecelakaan sehingga dianggap tidak mampu lagi untuk dipekerjakan.

Pranala luar



Komentar yang masuk: [7] Tampilkan komentar yang masuk
Komentari artikel ini
Nama
Email (tidak dipublikasikan)
Komentar
 

 
Bagi Peserta DPLK Bumiputera
yang belum memiliki username,
silahkan REGISTRASI terlebih dahulu.

Username pada website yang lama dinyatakan TIDAK BERLAKU, silakan registrasi ulang.
 







 
 
Tabungan apa yang sesuai untuk masa pensiun Anda?
Dana Pensiun
Deposito
Tabungan
Properti
Saham
Last result
Dana Pensiun 770 (38%)
Deposito 108 (5%)
Tabungan 171 (8%)
Properti 189 (9%)
Saham 782 (39%)
Total participants: 2020
 
 

PESERTA INDIVIDU Bisa Transfer Iuran On Line Via ATM Bersama Dengan Kode 009 98871912 + 8 digit Terakhir Nomor Peserta Anda (Untuk Kartu BNI di ATM BNI tidak perlu kode 009)